Teori Komunikasi Barat dan Timur
No
|
Bahasan
Teori
|
Isi
|
Tokoh
|
Keterangan
|
1
|
Ethos Komunikasi
|
Good Sense, Good Morak Character dan Good Will menentukaanEfektifitas
komunikasi
|
Aritoteles, 1954
|
Teori Barat karena fokus pada bagian-bagian
|
2
|
Kredibilitas Komunikator
|
Expertise (keahlian) dan Trustworthness (dapat dipercaya)
mempengaruhi efektivitas komunikator
|
Hovland dan Weis, 1951
|
Teori Barat karena fokus pada bagian-bagian
|
3
|
Efektivitas Komunikator
|
Attractivess dan kekuasan mempengaruhi Efektivitas Komunikator
|
Sheily chaiken, 1979 dan kelman 1975
|
Teori Barat karena fokus pada bagian-bagian
|
4
|
Efektivitas Pesan
|
Komunikasi bisa dikatakan efektive jika : (1) pesan yang disampaikan
dapat dipahami oleh komunikan, (2)
Komunikan bersikap atau berperilaku seperti apa yang dikehendaki oleh
komunikator, (3) ada kesesuaian antar komponen.
|
Wilbue Schramm, 1973
|
Teori barat
|
5
|
Efektivitas Komunikasi Berdimensi Ethos
|
Dipandang dari komponen komunikan, komunikasi yang efektif akan
terjadi jika komunikan mengalami 9kelman, 1975) : Internalisasi,
(internalization), Inentifikasi_diri (self Indentification), dan Ketundukkan
kompliance).
|
Kelman, 1975
|
Teori barat
|
6
|
Teori Pertukaran Sosial
|
Setiap individu secara sukarela memasuki dan tinggal dalam hubungan
sosial, hanya selama hubungan tersebut cukup memuaskan ditinjau dari segi
ganjaran dan biaya.
|
Coleman dan Hammen, 1974
|
Teori Barat
|
7
|
Teori Use and Gratificatiopn
|
Bahwa orang mempunyai kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan
yang dapat dipenuhi dengan menggunakan media masa
|
Elihu, Michel Gurevitch dan Hadassa Hass (1973)
|
Teori Timur
|
8
|
Teori Agenda Setting
|
Media membentuk persepsi atau pengetahuan publik tentang apa yang
dianggap penting.
Dengan ungkapan lain, apa yang diangap penting oleh media terhadap
suatu persoalan (issu) dan perhatian yang diberikan publik terhadap yang
ditonjilkan media.
|
Cohen (1963)
|
Teori Timur
|
9
|
Teori Efek Media Massa
|
Terori ini menyatakan bahwa
1 Ada hubungan langsung antara isi pesan dan efek.
2 Komunikator dianggap sangat kuat dalam mempersuasi.
3 Komunikan dianggap tidak memiliki daya, baik secara sosial amupun
psikologis untuk menolak kekuatan persuaif komunikator
|
Stamm, 1990:114
|
Teori Timur Unlimited effects atau efek-efek tidak terbatas
Teori ini menyatakan bahwa pesan media Sebagai pandangan awal tahun
1930-1950 tercermin dalam magic bullet
theory dan hypodermic needle theory.
|
10
|
Teori Efek Media Massa
|
Jika mendia menyajikan isi pesan untuk memperkuat kedua sisi isu
tertentu (keuntungan jika menerima dan kerugian jika tidak mendukung), maka
efek dominan yang muncul adalah bahwa
komunikan tetap pada pendiriannya atau mengukuhkannya dan sangat kecil
kemungkinannya pesan tersebut berefek terjadinya perubahan atau konversi.
|
1960, dalam Stamm, 1990:118
|
Teori Timur
Teori ini dipelopori oleh joseph klapper berdasarkan penelitiannya
untuk disertasinya.
|
0 comments:
Post a Comment