Cari Blog Ini

Minggu, 10 Juni 2012

teori komunikasi




Teori Komunikasi Barat dan Timur
No
Bahasan Teori
Isi
Tokoh
Keterangan
1
Ethos Komunikasi
Good Sense, Good Morak Character dan Good Will menentukaanEfektifitas komunikasi


Aritoteles, 1954
Teori Barat karena fokus pada bagian-bagian
2
Kredibilitas Komunikator
Expertise (keahlian) dan Trustworthness (dapat dipercaya) mempengaruhi efektivitas komunikator

Hovland dan Weis, 1951
Teori Barat karena fokus pada bagian-bagian
3
Efektivitas Komunikator
Attractivess dan kekuasan mempengaruhi Efektivitas Komunikator

Sheily chaiken, 1979 dan kelman 1975
Teori Barat karena fokus pada bagian-bagian
4
Efektivitas Pesan
Komunikasi bisa dikatakan efektive jika : (1) pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh  komunikan, (2) Komunikan bersikap atau berperilaku seperti apa yang dikehendaki oleh komunikator, (3) ada kesesuaian antar komponen.

Wilbue Schramm, 1973
Teori barat
5
Efektivitas Komunikasi Berdimensi Ethos
Dipandang dari komponen komunikan, komunikasi yang efektif akan terjadi jika komunikan mengalami 9kelman, 1975) : Internalisasi, (internalization), Inentifikasi_diri (self Indentification), dan Ketundukkan kompliance).

Kelman, 1975
Teori barat
6
Teori Pertukaran Sosial
Setiap individu secara sukarela memasuki dan tinggal dalam hubungan sosial, hanya selama hubungan tersebut cukup memuaskan ditinjau dari segi ganjaran dan biaya.

Coleman dan Hammen, 1974
Teori Barat
7
Teori Use and Gratificatiopn
Bahwa orang mempunyai kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang dapat dipenuhi dengan menggunakan media masa
Elihu, Michel Gurevitch dan Hadassa Hass (1973)
Teori Timur
8
Teori Agenda Setting
Media membentuk persepsi atau pengetahuan publik tentang apa yang dianggap penting.
Dengan ungkapan lain, apa yang diangap penting oleh media terhadap suatu persoalan (issu) dan perhatian yang diberikan publik terhadap yang ditonjilkan media.
Cohen (1963)
Teori Timur
9
Teori Efek Media Massa
Terori ini menyatakan bahwa
1 Ada hubungan langsung antara isi pesan dan efek.
2 Komunikator dianggap sangat kuat dalam mempersuasi.
3 Komunikan dianggap tidak memiliki daya, baik secara sosial amupun psikologis untuk menolak kekuatan persuaif komunikator
Stamm, 1990:114
Teori Timur Unlimited effects atau efek-efek tidak terbatas
Teori ini menyatakan bahwa pesan media Sebagai pandangan awal tahun 1930-1950 tercermin  dalam magic bullet theory dan hypodermic needle theory.

10
Teori Efek Media Massa
Jika mendia menyajikan isi pesan untuk memperkuat kedua sisi isu tertentu (keuntungan jika menerima dan kerugian jika tidak mendukung), maka efek  dominan yang muncul adalah bahwa komunikan tetap pada pendiriannya atau mengukuhkannya dan sangat kecil kemungkinannya pesan tersebut berefek terjadinya perubahan atau konversi.
1960, dalam Stamm, 1990:118
Teori Timur
Teori ini dipelopori oleh joseph klapper berdasarkan penelitiannya untuk disertasinya.

0 komentar:

Poskan Komentar