Cari Blog Ini

Selasa, 26 Februari 2013

Ancaman Media

 
Ancaman Media Massa
1.       
·         Konglomerasi media
Penguasaan media dalam satu perusahan atau satu orang akan menjadikan homogenitas berita atau konvergensi berita. Walupun media ada banyak tapi isi dan konten berita akan sama. Sehingga masyarakat yang tidak menyadari hal tersebut maka nilai-nilai yang akan di propogandakan oleh media akan sangat mudah diterima oleh masyatakat.  Selaim itu konglomerasi media juga secara tidak langsung akan menutup peluang orang yang akan mendirikan media baru, karena konglomerasi ini menjadi gurita yang akan sulit untuk di tandingi dengan hanya modal yang kecil.
·         Efisiensi
Efisinensi  akan membuat space dan durasi yang ada di media akan semakin berkurang, selain itu efisiensi juga akan mengurangi dari jangkauan yang seharusnya dimiliki oleh media tersebut.
·         Konvergensi/penyatuan berbagai layanan, teknologi komunikasi dan informasi
Masyarakat tidak lagi perlu lagi membaca koran, melihat telvisi tarena fitur itu sudah ada dalam satu alat hanphone atau ipad misalnya. Kompetisi media saat ini menjadi sangat ketat, selain sesama media juga dengan media yang baru.
·         sinergi
Membuat jaringan untuk dapat bertahan menjadi satu pilihan yang lain. Menjadi satu jaringan yang besar seperti MNC TV dan Jawa post tentunya akan menjadi kekuatan yang sanat besar dan lama-kelamaan jika tidak ada regulasi yang jelas akan membuat media lain yang sejenis akan mati.
·         internet (blog, FB, Twitter, Multiply)
jejaring sosial akan menjadi tantangan tersendiri, karena sekarang media akan bersaing dengan citizenjurnalism. Media sebetulnya tidak usah khawatir karena media masih mempunyai laporan yang lebih mendalam dan mungkin masih memiliki kelebihan dalam membuat berita di banding masyarakat awam. Selain itu media juga mempunyai kekuatan lewat kemampuannya untuk mengirim berita dengan cakupan dan wkatu yang sangat luas.

 

1 komentar:

jurusan agan komunikasi juga ya? sama klo gtu gan ane juga.....!!! kunjungin juga gan blog ane. edubadrus3.blogspot.com

Poskan Komentar