Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 26 Februari 2013

Kelemahan Media Massa




 
Kelemahan Media Masa

1.       

·         Biaya tinggi (Radio, TV, Koran/Majalah, On line)
Untuk membuat dan menjalankan media tersebut membutuhkan dana dan modal yang banyak. Karena biaya operasionalnya tinggi contoh Radio membutuhkan tower yang tinggi, listrik yang dibutuhkan untuk mentransmisikan siarannya, belum untuk biaya operasional kantor dan membayar penyiarnya. Semuanya membutuhkan uang yang tidak sedikit. Koran, televisi dan lain-lain juga membutuhkan dana yang banyak untuk menghidupkan medianya.
·         Ketepatan produksi tergantung waktu dan segmentasi
Ini adalah kekuarangan dari media massa cetak, karena terbatas dengan waktu pencetakan media tersebut, karena jika melanggar date line yang sudah ditentukan akan merusak tatanan yang lain. Radio, TV dan media on lie tampaknya lebih fleksibel dalam hal ini.
·         Interaktif tergantung durasi/space
Keterbatasan waktu dan space yang ada di media sangat terbatas, sehingga interkasi sangat dibatasi dengan durasi yang ada. Pemilahan dan pemilihan di lakukan oleh media dengan mencari mana yang layak untuk di tayangkan atau dicetak dengan mencari mana yang mempunyai nilai berita yang paling tinggi.
·         Bersifat periodik/koran/majalah dan non periodik/radio, TV, online)
Penerbitan koran dan majalah lebih teratur, biasaya ada yang terbit setiap hari ada yang seminggu sekali dan sebulan sekali, sehingga terbitnya media cetak akan berbeda tergantung dengan kebijakan media itu sendiri. Sedangkan Radio dan TV, berita yang disampaikan tidak periodik, tetapi menurut jam tayang yang sudah ditentukan, namun lebih fleksibel jika dianggap berita  tersebut harus segera ditayangkan karena memiliki nilai berita yang sangat tinggi.
·         Sekilas, tidak bisa diulang segera. (Radio, TV)
Keterbatasan durasi yang ada biasanya menyebabkan hal ini. Rundonw sudah di buat sedemikian serupa sehingga akan sulit jika harus mengubah urutannya. Sehingga jika untuk mengulang berita dengan segera akan membutukan waktu. Namun, lebih fleksibel jika dianggap berita tersebut memiliki nilai berita yang tinggi.
·         Tidak dapat dilihat (Radio)
Radio hanya menghasilkan suara yang bisa didengarkan menggunakan perangkat radio. Suara dikirimkan menggunakan gelombang Radio Am/Fm kemudian di tangkap dan di ubah kembali menjadi suara. Namun walaupun demikian radio mempunyai kelebihan karena merupakan media massa yang dapat menjangkau khalayak dengan sangat cepat di banding media yang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar