Cari Blog Ini

Selasa, 26 Februari 2013

Kekuatan Media

 
 Kekuatan Media Massa

·         Jangkauan atau cakupan sangat luas
Salah satu karakter media massa adalah dapat menjangkau khalayak secara luas dalam waktu yang singkat.  Walupun demikian jangkauan media massa juga berbeda tergantung media apa yang digunakan. Tentunya media cetak berbeda dengan media elektronik. Tetapi bagaimanapun berkomunikasi menggunakan media massa mempunyai kelebihan jangkauan dibandingkan dengan tingkat komunikasi yang lain.
·          Karakter
Setiap media massa mempunyai karakter tersendiri dibandingkan dengan media yang lain. Semua mempunyai  ideologi yang berbeda beda. Contoh kharakteristik kompas akan berbeda dengan suara merdeka. Global Tv akan berbeda dengan metro TV.
·         Intensitas bervareasi tergantung isi materi
Tingkat keseringan nya tergantung dengan materi yang akan di sampaikan. Nilai berita aja akan sebanding dengan intensitas berita tersebut di tayangkan. Semakin berita itu mempuyai nilai berita yang tinggi maka tingkat keseringan berita itu akan semakin tinggi unuk di putar atau ditayangkan.
·         Sebagai kekuatan stategi dalam penyebaran informasi yang akurat
Media massa mempunyai kekuatan untuk menyebarkan informasi yang akaurat. Di sini media mempunyai kemampuan untyuk memilih dan memilah
·         Sumber rujukan bagi semua sektor
Sekarang media massa menjadi rukukan untuk mencari informasi. Orang mencari informasi di media massa sebagai rujukan untuk melakukan segala sesuatu. Contoh jika kita hendak pergi mudik pulang kampung, kita akan mencari informasi dalam media. Alat transportasi apa yang paling aman ? jalur apa yang akan kita lewati agar tidak terjabak macet ? puncak arus mudik dan lain lain. Media akan menjadi salah satu rujukan dan pertimbangan saat kita hendak membuat sebuah keputusan.
·         Otoritas sosial yang berpengaruh dalam membentuk sikap perilaku dan norma budaya
Kekuasan di suatau tempat akan mempengaruhi sikap dan perilaku dari media yang ada. Tentuanya kita tahu bagaimana sistem politik, budaya dan regulasi di suatu tempat akan menentukan sistem pers yang berlaku di suatu tempat tersebut. Sistem pers akan mempengaruhi sikap dan perilaku dari media. Media kembali akan mempengaruhi kultur dan budaya. Sehingga hubungan nya sebetulnya tidak linier tetapi imbal balik.

0 komentar:

Poskan Komentar